Resiko Yang Harus Dihadapi Desainer Grafis

RESIKO DESAINER GRAFIS

Halo Sahabat Desain !

disini saya akan bercerita kepada kalian resiko apa yang akan dihadapi desainer grafis. seperti kita ketahui bahwa peran desainer grafis sangat amat dibutuhkan untuk membangun promosi suatu usaha bagi perusahaan besar ataupun perusahaan kecil. nah disini desainer grafis dituntut dapat membangun desain sebagai wajah perusahaan sebagai media promosi kepada masyarakat. 

setiap perusahaan pasti butuh desainer untuk melengkapi atribut-atribut perusahaan seperti desain kop surat, kartu nama, logo serta atribut lainnya. untuk membuat itu para desainer harus diberikan beberapa waktu untuk mengumpulkan ide untuk membuat desain sesuai keinginan klien. akan tetapi biasanya klien menuntut untuk cepat dalam mengerjakannya tak kadang para klien menginginkan desain selesai dalam satu hari bahkan itungan jam. mungkin bagi para desainer grafis yang sudah berpengalaman mereka dengan mudahnya dapat membuat desain dikarenakan mereka sudah memiliki banyak pengalaman serta memiliki bahan-bahan desain yang banyak dari apa yang sudah mereka kerjakan sebelumnya. nah bagi para desainer yang baru mereka tidak akan mudah untuk dapat inspirasi dalam membuat desain yang akan menjadi wajah perusahaan kedepannya. disini apabila kalian yang baru saja menekuni atau baru saja menjadi desainer grafis banyak-banyaklah belajar apabila perlu membangun portfolio kalian dengan banyak membuat desain. jadikan desain-desain yang telah kalian buat menjadi bahan inspirasi kedepannya dan jangan sampai kalian hapus materi desain tersebut. disini banyak saya lihat kesalahan bagi para desainer pemula mereka mengabaikan desain yang telah mereka buat apabila telah selesai. alangkah baiknya file-file tersebut dibuatkan folder khusus apabila sewaktu-waktu mendapatkan job desain yang hampir sama dengan job baru maka dapat dipakai menjadi bahan inspirasi.

Desainer Grafis Dituntut Mengerjakan Desain Dengan Cepat. 

terkadang dalam membuat desain apabila dituntut untuk dapat diselesaikan dengan waktu yang cepat dikhawatirkan terdapat kesalahan dalam mendesain dan desain pun tidak menarik. saya ambil contoh ketika kita membuat desain brosur dan klien meminta kita untuk mengerjakannya dalam kurun waktu 5 jam maka kita pun akan terburu-buru membuatnya, alhasil desain yang telah kita buat pun terdapat kesalahan seperti salah penulisan dalam desain atupun lupa meletakkan materi yang telah dikasih oleh klien. disini siapa yang dapat disalahkan? akhirnya kita pun desainer grafis yang akan disalahkan. jadi apabila kalian mendapatkan klien yang seperti ini alangkah baiknya kalian meminta jangka waktu untuk diperpanjangkan dan apabila klien menolak untuk diperpanjang sekarang keputusan ada di kalian. apabila kalian sanggup dapat mengerjakannya dan kalian cukup teliti untuk membuatnya tidak ada salahnya mengambil job desain ini.

Mendapatkan Klien Yang Tidak Mengerti Desain. 

banyak dari klien tidak mengerti desain, disini yang saya maksud adalah seperti kita telah membuat sebuah desain banner dengan warna, seni, dan tulisan yang baik dan mudah untuk dibaca hingga jauh ternyata klien tidak suka dengan desain tersebut. malah klien memilih warna, seni serta jenis font yang susah untuk dibaca dan tidak menarik serta tidak sesuai dengan industri perusahaan. setelah produk desain dicetak klien menuntut kepada desainer mengapa produk tidak kelihatan tulisannya dari jarak jauh dan warna yang tidak kontras sehingga sulit untuk dibaca. akhirnya desainer grafis lagi yang disalahkan. nah apabila kalian menerima klien yang seperti ini alangkah baiknya diawal kalian beri saran kepada klien dan menjelaskan mengapa kita mendesain seperti ini. berikan penjelasan yang baik kepada klien agar klien dapat memahami dan menerima desain kita. kita beri saran itupun demi kabaikan bagi klien.

oke itu tadi resiko yang harus dihadapi bagi desainer grafis. dapat saya simpulkan bahwa resiko yang harus dihadapi adalah pertama kita pasti berurusan dengan klien yang ingin cepat-cepat selesai, klien yang tidak mengerti desain, kita pasti akan mengalami tekanan dalam mendesain karena selalu untuk dituntut mendesain berbeda-beda konsep. tapi dalam hal tersebut tetaplah tenang selalu cari inspirasi desain dari internet dan menyimpan hasil desain yang telah kalian buat. jadilah desainer yang kreatif, inovatif dan cerdas. berikan yang terbaik bagi klien agar kita selalu ramai menerima job desain.
Resiko Yang Harus Dihadapi Desainer Grafis Resiko Yang Harus Dihadapi Desainer Grafis Reviewed by Ray Maulana on 6:11 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.