12 Tips Untuk Menghasilkan Desain Sempurna

12 Tips Menghasilkan Desain Sempurna

Halo Sahabat Desain !

Harus saya akui bahwa saya bukanlah desainer yang hebat dan ternama tapi saya selalu belajar bagaimana menghasilkan desain yang sempurna, saya tidak menuntut pada diri saya untuk menjadi desainer yang hebat dan terkenal tapi saya menuntut kepada diri saya sendiri untuk dapat menghasilkan desain yang baik dan sempurna.


kini akan kita bahas bagaimana untuk menghasilkan desain yang baik dan sempurna. saya pun masih terus akan belajar dan saya akan sebisanya mengeluarkan segala pengalaman serta pengamatan saya tentang perkembangan desain pada blog ini.  

pada postingan kali ini saya telah mengumpulkan 14 tips untuk menghasilkan desain sempurna dan mari kita simak dan pelajari.

1. Mulailah Dengan Memilih Palet Warna Yang Baik dan Modern.
pada dasarnya desain yang sempurna memiliki konsep warna yang baik dan modern. menggunakan warna yang tidak mencolok dan berantakan. gunakanlah warna sesuai konsep tanpa melibatkan warna-warna mencolok lainnya yang dapat menyebabkan hasil desain tidak baik. apabila kalian masih belum bisa menemukan warna yang baik kalian dapat mengunjungi situs ColourLovers. situs ini dapat memberikan kalian inspirasi warna, pilihlah warna yang kalian sukai copykan hex codenya dan pastekan di palete warna kalian.

Palette Color (digitalsynopsis.com)


2. Jangan Terlalu Banyak Melibatkan Aneka Font Dalam Desain.
Maksudnya disini adalah ketika kalian membuat suatu desain gunakanlah 1 sampai 2 jenis font didalam desain. gunakanlah 1 jenis untuk header dan 1 jenisnya lagi untuk bagian deskripsi. dengan menerapkan ini desain yang di hasilkan lebih kelihatan natural, modern dan sempurna.

Gunakan 1 sampai 2 jenis font

3. Jangan Takut Memberikan Space Kosong Pada Desain.
Banyak kita jumpai desain yang tidak membiarkan space kosong sedikitpun. hal tersebut memang diperlukan karena space kosong dapat dimanfaatkan untuk memberikan informasi lebih dan lebih. tapi hal tersebut malah membuat pembaca merasa enggan membaca dikarenan penuhnya desain yang kita buat. cobalah untuk memberikan space kosong pada desain anda, dengan memberikan space kosong memberikan kesan yang modern pada desain dan membuat para pembaca merasa lenggang untuk melihat informasi dari desain kita.

Berikan Space Kosong

4. Buatlah Objek Yang Anda Buat Sejajar dan Tertata.
Dengan membuat objek yang kita buat tertata akan berkesan rapi bersih dan enak untuk dilihat. buatlah desain kalian terlihat profesional dengan menata atau mensejajarkan objek-objek yang harus terlihat sejajar.

Sejajarkan Objek

5. Gunakan Icon Untuk Mendukung Sebuah Pesan.
maksud dari tahap ini adalah ketika kalian ingin memberikan suatu pesan kepada pembaca dengan memberikan kata-kata atau kalimat maka ada baiknya kalian memberikan simbol atau ico untuk mendukung menyampaikan informasi kepada pembaca karena sejatinya kita malas untuk membaca dan malah tertarik dengan gambar-gambar yang unik, maka berikanlah icon untuk memberikan pesan kepada pembaca.

Gunakan Icon 

6. Gunakan Naluri Kalian Sendiri Dalam Mendesain. 
disini gunakan cara kalian sendiri dalam memutuskan suatu desain. maksudnya adalah gunakan naluri kalian sendiri dalam menentukan suatu warna, jenis font, gambar dalam mendesain. latih terus kemampuan anda dalam menciptakan suatu desain. tidak ada salahnya kalian sesekali mencari inspirasi melalui internet tapi balik lagi gunakan cara desain kalian sendiri tanpa mencontoh seutuhnya desain orang lain. apabila kalian biasakan mencontoh hasil karya orang lain maka kalian tidak akan pernah menciptakan suatu desain yang sempurna.

7. Terapkan Variasi Font.
Kalian dapat menggunakan variasi font dalam mendesain tetapi tetap perhatikan idealnya, gunakan variasi font yang masih satu jenis keluarga sperti Arial - Arial Rounded - Arial MT Black. mainkan besar kecilnya dalam mendesain dan tetap menjaga ideal proporsinya.

Gunakan Variasi Font

8. Mainkan Transparansi Objek Dalam Desain.
dalam mendesain kita tak seutuhnya bermain dengan warna yang flat. adakalnya kalian menggunakan transparansi pada objek agar desain terlihat profesional dan menarik. dengan mengatur warna kontras dan memberi transparansi objek desain kita dapat terlihat indah.

Transparansi Objek

9. Gunakan Beberapa Garis Untuk Memberikan Kesan Pesan Khusus.
Dalam hal ini adalah memberikan 1 sampai 2 garis diantara pesan bebentuk tulisan. dengan adanya garis ini dapat membuat fokus pembaca terhadap pesan yang dikhususkan. penerapan garis ini pula memberikan kesan modern dan profesional asalkan bentuk dan besarnya sesuai proporsi dan ideal.

Gunakan Beberapa Garis

10. Buat Desain Yang Simpel Jangan Berlebihan.
Jangan menaburi desain anda dengan sesuatu efek yang berlebihan karena dengan seperti itu cenderung membuat desain kurang profesional dan tidak modern. buatlah sedikit saja efek untuk dituangkan kedalam desain.

Buat Desain Yang Simpel

11. Berikan Warna Font Kontras Dengan Background.
Dengan menerapkan warna font yang kontras dengan background dapat membuat hasil desain yang kita buat terlihat elegan, profesional dan modern.

Warna Font Kontras Dengan Background

12. Pikirkan Untuk Siapa Desain Yang Anda Buat.
Hal terkahir yang kalian harus tau adalah saat membuat desain perhatikan industri suatu perusahaan yang akan anda buatkan desainnya. sesuaikan warna, tema dan konsep sesuai dengan identitas perusahaan jangan kalian membuat desain yang berlawanan dengan identitas perusahaan.

RayMaulana ~ HidupDesain
12 Tips Untuk Menghasilkan Desain Sempurna 12 Tips Untuk Menghasilkan Desain Sempurna Reviewed by Ray Maulana on 9:30 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.