Jenis-jenis Tipe Logo Yang Harus di Ketahui

jenis-jenis tipe logo
Pada umumnya setiap perusahaan memiliki logonya masing-masing yang mempunyai arti dari bentuk maupun warna logo yang dimiliki. tapi yang harus kita ketahui logo memiliki jenis tipenya masing-masing. logo haruslah dibuat sesuai dengan industri perusahaan yang berisi filosofi dari suatu perusahaan tersebut. tapi sebelum membuat suatu logo kita harus paham jenis-jenis logo yang ada dan apa yang akan kita buat. berikut ini adalah jenis-jenis logo yang harus diketahui !


Logo Wordmark
Logo jenis ini merupakan jenis logo yang hanya menggunakan nama dari perusahaan itu sendiri dengan ditambahi sedikit seni pada tulisan seperti memberikan tulisan yang unik dengan memiliki ciri khas warna tersendiri didalamnya dan adapula yang memasukkan pesan khusus didalam negative space antar tulisan dengan bentuk ataupun simbol. negative space sendiri merupakan ruang kosong yang diciptakan dari bentuk huruf atau angka yang mengapitnya sehingga tercipta ruang kosong yang berbentuk. contohnya adalah logo Fedex yang memiliki negative space antara huruf E dan X dimana terdapat simbol panah kekanan yang pastinya memiliki pesan khusus. semakin unik kalian membuat maka logo akan semakin berharga bagi perusahaan. pada jenis logo wordmark ini dapat dibagi menjadi beberapa jenis sebagai berikut :

Wordmark Serif
pada jenis ini menggunakan jenis font atau tulisan yang memiliki kaki-kaki pada setiap sudut font. dan biasanya jenis font ini dipakai untuk perusahaan yang memiliki kesan yang dewasa.
Logo Wordmark Serif

Wordmark San Serif
Logo jenis ini banyak dipakai oleh banyak perusahaan karena dengan bentuk dan perpaduan warnanya berkesan modern, bersih dan disenangi kalangan muda.
Logo Wordmark San Serif
Wordmark Script
jenis logo ini merupakan jenis yang berupa tulisan yang berbentuk kaligrafi atau tulisan yang saling terhubung dengan sedikit diberi fariasi didalamnya memberikan kesan yang elegan dan unik.
Logo Script Wordmark
Wordmark Handwriting
pada jenis logo yang satu ini menggunakan jenis font yang memiliki seni seperti tulisan tangan tetapi tetap berbasis grafis dan biasanya logo jenis ini digunakan oleh perorangan bukan sebagai perusahaan karena berisi nama pribadi.
Logo Wordmark Handwriting

Logo Pictorial
Logo pictorial merupakan jenis logo yang menggunakan suatu bentuk atau simbol yang sesuai dengan industri perusahaan. simbol atau bentuk yang digunakan merupakan bentuk dari objek yang biasa kita jumpai seperti tumbuh-tumbuhan, hewan dan objek lainnya. berikut ini adalah contoh dari perusahaan yang menggunakan logo pictorial :
Logo Pictorial

Logo Abstrak
logo abstrak merupakan logo yang memiliki simbol dan tulisan didalamnya. biasanya simbol di bagian atas dan tulisan nama perusahaan mendampinginya dibawah ataupun disebelahnya. simbol yang diterapkan pada logo abstrak berbeda dengan logo pictorial karena logo abstrak memiliki simbol yang memiliki bentuk yang tidak biasa kita jumpai karena menggunakan bentuk-bentuk abstrak seperti lingkaran, gabungan persegi dan sebagainya. dari perpaduan bentuk abstrak tersebut pastilah memiliki makna didalamnya. berikut perusahaan yang memakai logo abstrak:

Logo Abstrak

Logo Letter Mark
Logo letter mark merupakan jenis logo yang menggunakan suatu huruf dari nama inisial perusahaan seperti huruf awal nama perusahaan ataupun apabila nama perusahaan memiliki dua kata dapat pula menggunakan 2 huruf inisial dari 2 kata nama perusahaan tersebut. jenis logo ini banyak pula dipakai oleh perusahaan-perusahaan ternama karena dengan menggunakan huruf inisial perusahaan sebagai logo dapat membuat masyarakat mudah mengingat kembali perusahaan. berikut perusahaan yang menggunakan logo letter mark :

Logo Letter Mark

Logo Emblem
Logo emblem merupakan jenis logo yang menggunakan objek sebagai kerangka utama logo dan didalam objek tersebut di isi dengan tulisan ataupun tambahan objek lagi didalamnya. utamanya logo jenis ini dipakai untuk industri sport, club motor dan sebagainya. berikut ini beberapa contoh logo emblem :

Logo Emblem

Logo Character
Logo character merupakan jenis logo yang menggunakan karakter untuk maskot utamanya. karakter disini biasanya memakai karakter manusia ataupun makhluk hidup lainnya sebagai daya tarik untuk perusahaan. berikut ini contoh perusahaan yang memakai logo character :

Logo Character

Oke itu tadi adalah macam-macam jenis tipe logo yang harus kalian ketahui. jadi kalian sebelum mendesain logo sekiranya kalian sudah tau jenis tipe apa logo yang kalian buat.

Raymaulana ~ Hidup Desain
Jenis-jenis Tipe Logo Yang Harus di Ketahui Jenis-jenis Tipe Logo Yang Harus di Ketahui Reviewed by Ray Maulana on 7:44 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.