Hal yang Harus Dipersiapkan Untuk Menjadi Desainer Grafis

hal yang harus dipersiapakan untuk menjadi desasiner grafis
Hai Temen-temen :)

Kali ini saya akan berbagi pengalaman saya mengenai persiapan saya untuk bisa bekerja di perusahaan sebagai desainer grafis.

Tentu sebelum menjadi seorang desainer grafis pastilah akan mengiktui tes terlebih dahulu dalam suatu perusahaan. pada artikel kali ini saya akan berikan pengalaman saya saat ikut tes sebagai desainer grafis di suatu perusahaan advertising kota palembang dan persiapan apa saja yang saya lakukan sebelum ikut tes. oke langsung saja kita bahas.

Pertama, 3 hari sebelum saya tes di perusahaan advertising saya menyiapkan pematangan dalam segi tes tertulis. dalam tes tertulis yang diberikan pada perusahaan tersebut khusus menjadi desainer grafis terdapat soal seperti matematika, logika dan gambar. dalam soal matematika kita di suruh untuk menghitung jumlah satu rim itu ada berapa, jumlah satu lusin itu ada berapa. dalam soal logika kita di suruh untuk menebak warna, contohnya seperti penggabungan warna apabila di campur dengan warna lain warna apakah yang terbentuk. terakhir soal gambar, dalam soal gambar kita diberikan gambar bebas seperti simbol titik, simbol garis. dalam simbol tersebut kita dituntut untuk menggambar objek dari simbol tersebut, misalnya dari simbol titik kita gambar menjadi matahari atau objek lain begitu pula dari simbol garis kita gambarkan bentuk pagar atau rumah. itulah contoh umum soal yang diberikan saat ujian menjadi desianer grafis.

Kedua, tahap kedua adalah menghadapi tes praktek desain. dalam tes desain saat itu saya diberikan materi berupa spanduk yang ingin dibuat dan di suruh untuk mentracing logo. untuk menghadapi tes praktek desain seperti ini pastilah kita harus tau terlebih dahulu dengan apa kita membuatnya. untuk kalian yang pernah berhubungan dengan desain pasti sudah tau menggunakan apa dalam membuat desain seperti desain spanduk tersebut. saran saya untuk membuat desain seperti spanduk, xbanner, stiker dll lebih enak menggunakan software CorelDraw, karena dalam interface CorelDraw lebih mudah untuk dipahami bagi pemula dan cukup cepat dalam mendesain seperti mendesain spanduk. kenapa? karena CorelDraw adalah software berbasis vector, dalam vector kita muda untuk mendesain karena lebih ringan dibanding software lainnya seperti photoshop atau illustrator. tapi bagi yang biasa menggunakan photoshop atau illustrator yah monggo-monggo aja. setiap software desain pasti ada kelemahan dan kelebihannya masing-masing. tetapi sampai sekarang saya masih menggunakan software CorelDraw karena cukup cepat dalam mendesain dan tools-tools yang digunakan juga tidak cukup rumit. tetapi dalam mendesain yang berhubungan untuk editing foto saya menggunakan Photoshop dan menggunakan illustrator untuk membuat Logo yang spesifik.

Ketiga,  tahap ini adalah tahap dimana temen-temen semua berpasrah diri kepada tuhan yang maha esa hehe.. tetapi setelah mengikuti tes ada baiknya temen-temen semua mempelajari dari soal-soal yang diberikan pada tahap tes yang telah dilakukan. pelajari lebih dalam lagi apa kekurangan temen-temen semua. dan menjadi seorang desainer grafis itu sangat menguntungkan loh temen-temen. kalian bisa menjadi pegawai tetap dan diluar itu kalian bisa menjadi freelancer desainer grafis di situs online. saya telah menerapkan gaya hidup seperti itu. penghasilan saya cukup lumayan setelah menekuni bidang desain grafis. pada artikel selanjutnya saya akan sharing mengenai situs online penyedia jasa freelancer desain grafis..

oke sekian dulu temen-temen artikel saya kali ini .. maaf apabila ada kekurangan. 
beritahu saya melalui komentar dibawah apabila ada yang ingin ditanyakan.



Hal yang Harus Dipersiapkan Untuk Menjadi Desainer Grafis Hal yang Harus Dipersiapkan Untuk Menjadi Desainer Grafis Reviewed by Ray Maulana on 1:44 AM Rating: 5

2 comments:

Powered by Blogger.